thumbnailSesuai data Menteri Kehutanan, sampai Oktober 2012 telah ditanam lebih dari 2,2 milyar pohon. Deforestasi turun dari 2,5 juta ha menjadi 450 ribu ha. Dan Indonesia kembali hijau 30 tahun lagi SIEJ-Jakarta, Untuk memperingati Hari Penanaman Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2012 dengan tema Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau, Kementerian Kehutanan mengadakan acara menanam pohon di Cengkareng, Tangerang, Banten, pada 28 November.
Acara yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono ini selain menanam pohon juga memberikan penghargaan kepada daerah-daerah di Indonesia yang turut mendukung dan bergiat aktif dalam program menanam satu milyar pohon.
Menurut Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkfli Hasan, terjadi penurunan deforestasi hutan dari rata-rata 2,5 juta hektare per tahun dalam periode 1996 sampai 2003 sekarang jumlahnya hanya 450 ribu hektare per tahun, “Sebanyak 320 ribu di dalam kawasan hutan dan 130 ribu hektar diluar kawasan hutan,” kata Zulkifli.
Pada tahun 2010, Zulkifli mengatakan, berhasil ditanam 1,3 miliar pohon di seluruh nusantara dan di tahun 2011 meningkat menjadi 1,5 miliar pohon, ” Sampai Oktober 2012, tahun ini kita sudah berhasil menanam 732 juta pohon,”katanya.
Ini merupakan kelima kalinya diadakan gerakan menanam pohon secara serentak di seluruh Nusantara ,”Butuh waktu 165 tahun kalau kita mau menghijaukan Indonesia dengan cara konvensional seperti menanam pohon ini, tapi dengan keberhasilan program menanam satu milyar pohon, 25 sampai 30 tahun Indonesia bisa hijau lagi,” Ujar Zulkifli.
Di acara ini diserahkan juga penghargaan kepada provinsi yang mendukung gerakan menanam satu milyar pohon, “Kami mengapresiasi Gubernur dan Walikota yang telah membuat ruang terbuka hijau lebih dari 30 persen total wilayah kota mereka sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2002 tentang Hutan Kota,” ujar Zulkifli.
Provinsi yang mendapat Juara Umum dalam Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam 2012 adalah Jawa Tengah, ” Sudah tiga kali Jawa Tengah mendapat juara satu dalam lomba ini tahun besok tidak boleh ikut lagi ya,” kata Zulkifli berseloroh di depan ratusan peserta acara Bulan Menanam Nasional 2012.
Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, dalam acara yang sama mengatakan, masyarakat Jawa Tengah berkomitmen untuk melakukan penghijauan yang merata dari hutan rakyat, hutan negara dan hutan lindung, “Hutan lindung yang kami miliki jumlahnya 42,77 persen dari total wilayah, lebih besar dari target pemerintah sebanyak 30 persen,” ujarnya,” Kalau Hutan hijau royo-royo pasti kandungan airnya banyak dan masyarakat jadi sejahtera.”

Bibit mengatakan, hutan yang dijaga dan memiliki kandungan air yang banyak membuat beras pun berlimpah, ” Di Jawa tengah beras surplus tiga juta ton karena hutan kami lestari,” katanya.
Sementara itu, Presiden SBY mengatakan, sangat mengapresiasi pemenang dalam lomba menanam pohon ini, ” Mereka bisa disebut sebagai pahlawan penghijauan,” ujar SBY. Menurutnya, Indonesia sekarang ini tidak hanya bernegoisasi dan berdebat tapi yang paling penting adalah melakukan aksi nyata untuk bumi kita,”Tanpa banyak diskusi kita menghijaukan Indonesia dengan cara menanam pohon, banyak yang tidak percaya tapi di tahun ke lima ini kita bisa perlihatkan keberhasilan program ini,” tambah SBY.
Ditanam sedikitnya 3.000 pohon dari aneka jenis tanaman di acara ini. Di antaranya pohon manglid, sempur, tanjung, kenari, cempaka, sawo kecik, ketapang, bintaro, mahoni, dan pulai. BELLINA ROSELLINI

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.