Project Multatuli membuat laporan interaktif untuk membuka lembar demi lembar para oligarki batu bara di Indonesia. Kami mengajak pembaca memainkan laporan interaktif ini dengan menjawab pertanyaan tentang bisnis dan orang-orang yang saling terkait satu sama lain dalam jejaring oligarki bisnis batu bara.

Mereka adalah pengusaha, politisi, politisi berlatar belakang pengusaha, pengusaha berlatar belakang militer, pejabat publik dengan latar belakang militer dan pengusaha. Dengan segala kekuatan kapital dan politik yang mereka punya, para oligark ini melanggengkan bisnisnya.

Selamat bermain!

Baca ulasan lengkap: Menguliti 10 oligarki batu bara terbesar di Indonesia

Periset: Viriya Singgih, Mawa Kresna

Designer grafis: Muhammad Nauval Firdaus

Penata grafis: Louis Lugas

Data di dalam game ini diolah dari website masing-masing perusahaan dan data Kementerian ESDM. Data perusahaan tersebut kemudian dibuat dalam bentuk kartu informasi dan pertanyaan yang digunakan dalam game interaktif ini.

Laporan ini bagian dari serial reportase #EnergiKotor, terwujud berkat dukungan Earth Journalism Network melalui proyek kolaborasi khusus bertajuk “Available but not Needed”, yang mempertemukan enam media lintas-negara menyingkap kepentingan swasta dan publik mendanai pembangkit berbahan bakar fosil di Asia Tenggara.

About the writer

Viriya Singgih

Viriya has experience in covering a wide range of issues in including energy, mining, macroeconomics and politics for various media organisations including Bloomberg News and The Jakarta Post. In 2015...

There are no comments yet. Leave a comment!

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.