Pahami dampak sampah plastik di lautan pada kehidupan. 12 miliar ton sampah di lautan 2050 mengancam hewan laut hingga kita. Bersama Greenpeace Indonesia pecahkan masalah sampah!

Pahami dampak sampah plastik di lautan pada kehidupan. 12 miliar ton sampah di lautan 2050 mengancam hewan laut hingga kita. Bersama Greenpeace Indonesia pecahkan masalah sampah!
Dampak sampah plastik di lautan merembet pada kehidupan manusia. (Foto: Greenpeace Indonesia)

Masalah sampah plastik sudah mencapai titik kritis, daya tampung tempat pemrosesan akhir (TPA) sudah terlampaui. Alhasil, sungai hingga lautan kini juga menjadi tempat sampah. Lebih mengerikan lagi, sampah plastik di lautan mengancam hewan laut hingga masuk ke rantai makanan.

Menurut Greenpeace Indonesia, pada tahun 2050 akan ada 12 miliar ton sampah plastik di lautan atau lingkungan. Sampah plastik di lautan sering kali menjerat dan melukai hewan laut seperti penyu dan paus.

Tidak hanya itu, mikroplastik di lautan sangat mudah memasuki rantai makanan lalu termakan oleh kita saat mengonsumsi hewan laut. Polusi plastik tidak hanya mempengaruhi kehidupan di laut tapi juga kita.

“Pengurangan produksi plastik sekali-pakai dan penerapan konsep ekonomi sirkular merupakan solusi utama dari krisis masalah plastik,” kata Muharram Atha Rasyadi, juru kampanye urban Greenpeace Indonesia, diakses dari laman resmi, Rabu, 6 Desember 2023.

Karena sifat penggunaannya yang didominasi sekali pakai dan tidak bisa didaur ulang, plastik telah merusak lingkungan, mengancam kehidupan satwa juga manusia.

Lautan membutuhkan kita lebih dari sebelumnya. Greenpeace Indonesia pun membuka donasi untuk gerakan menyelamatkan lautan dengan cara:

Mendesak perusahaan yang menggunakan plastik pada barang produksinya untuk menerapkan ekonomi sirkuler dengan mengutamakan penggunaan kembali (reuse) dan isi ulang (refill);

Mendorong pemerintah kota dan pusat untuk memberlakukan larangan penyediaan dan penggunaan kantong plastik sesuai dengan target mengurangi sampah di lautan sebesar 70% pada 2025, dan terbebas dari polusi plastik tahun 20402;

Mengadakan kegiatan beach clean-up serta melakukan brand audit atas sampah yang mencemari lautan dan sumber air kita.

“Semoga alam terbebas dari sampah dan semoga Greenpeace dapat membawa perubahan tersebut,” kata Guntur Wibowo, donor Greenpeace sejak 2016.

Informasi mengenai penggalangan dana ini dapat ditengok di laman Greenpeace Indonesia.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.