Sumatera Utara memiliki potensi sumber daya luar biasa, termasuk kekayaan alam yang melimpah. Sumber daya alam ini untuk membantu masyarakat,

Engineering Talk Series di Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu, 9 Desember 2023. (Foto: USU) sumber daya alam
Engineering Talk Series di Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu, 9 Desember 2023. (Foto: USU)

Sumatera Utara memiliki potensi sumber daya yang sangat besar, ternasuk kekayaan alamnya yang melimpah. Potensi sumber daya ini dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat lebih lanjut.

“Sumatera Utara ini memiliki potensi sumber daya yang sangat besar, itu yang kami harap bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat,” ungkap Ketua IA ITB Pengda Sumatera Utara Siti Yulita Siregar, dalam Engineering Talk Series #9 yang bertajuk “Public Interest In Energy Sector”, dikutip dari laman Universitas Sumatera Utara (USU), Sabtu, 9 Desember 2023.

Engineering Talk Series tersebut diselenggarakan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sumatera Utara (USU) kolaborasi dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Ikatan Alumni (IA) ITB Pengurus Daerah (Pengda) Sumatera Utara di Aula FT USU pada Jumat, 17 November 2023.

Engineering Talk merupakan kegiatan Kuliah Tamu dan Bedah Buku, yang rutin diadakan oleh FT USU dengan menghadirkan narasumber dari berbagai bidang. Pelaksanaan kali ini, mendatangkan langsung Komisaris Independen PT PLN Persero dan Penulis buku ‘Public Interest In Energy Sector, Arcandra Tahar.

Dekan FT USU Fahmi menyatakan bahwa secara rutin mereka mengundang tamu istimewa untuk membawa wawasan baru ke kampus. Mengingat saat ini kampus harus berinteraksi dengan praktisi dan ahli industri, harapannya acara tersebut memberikan pandangan baru dan memperkaya diskusi.

“Seperti yang kita tahu, Pak Chandra ini sebagai ahli bidang energi dan memiliki pengalaman baik dalam praktisi maupun dalam pemerintahan,” tutur Fahmi.

Cakupan topik pada acara tersebut sangat luas, melibatkan isu-isu seperti kelistrikan dan pertambangan. Arcandra Tahar. mengaku melihat antusiasme mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan, terutama terkait dengan energi terbarukan.

Poin penting yang disorotnya adalah perlunya mencari titik keseimbangan antara kemampuan masyarakat untuk membayar tarif energi terbarukan dan keinginan semua pihak untuk mengimplementasikannya.

“Saya mencoba menulis sebagai pengingat buat saya, beberapa hal yang positif dan bisa belajar melalui kegiatan ini. Dengan demikian hari ini saya melihat banyak antusias mahasiswa,” tutur Arcandra.

Ketua PII Sumatera Utara Ahmad Perwira Mulia IPU menjelaskan bahwa acara ini sangat menarik dan bermanfaat, terutama dalam konteks pengembangan kemampuan sumber daya manusia pada bidang teknik di Sumatera Utara. Sebagai pengurus PII di wilayah Sumatera Utara, salah satu misi mereka adalah mengembangkan keterampilan dan kompetensi teknis.

“Kalau kita di Jakarta mungkin resourcenya lebih baik ya, jadi kita bisa berkolaborasi dengan semua pihak supaya kita bisa memberikan kontribusi besar pada bangsa dan negara,” jelas Ahmad.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.