Jakarta, EnergiToday — Hingga saat ini pemerintah kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, berkomitmen tak akan menggali sumber daya alam berupa tambang, untuk peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat setempat.

“Kita punya tambang batu bara, tapi tak akan memanfaatkannya untuk peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat,” ujar Bupati HST, H Harun Nurasyid kepada wartawan, Jakarta, Senin (12/8).

Menurut Harun, guna peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat HST, pihaknya akan mencari terobosan lain, yang tidak berdampak pada kerusakan lingkungan, antara lain mencoba mengusahakan perkebunan kelapa sawit.

Harun menjelaskan, alasan dirinya memilih usaha perkebunan kelapa sawit, karena HST banyak memiliki lahan tidur atau tidak produktif yang berpoetnsi untuk pengembangan tanaman kelapa sawit.

Selain itu, tambahnya, berdasarkan kajian ekonomi belakangan ini, bila dibandingkan dengan tanaman karet, usaha perkebunan kelapa sawit tampaknya lebih menjanjikan harapan, karena harga pasaran dunia yang cukup membaik. (US/ID)

 

Artikel ini dimuat di energitoday.com. energitoday.com adalah anggota sindikasi Ekuatorial

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.