Dalam diskusi terkait Hari Pangan Dunia ini terungkap bahwa generasi muda memiliki peranan penting dalam upaya pemajuan sektor pertanian.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud), Bali, berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali selenggarakan diskusi World Food Weeks.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali mengadakan diskusi World Food Weeks bertajuk: “Regulasi Ekspor Impor Produk Pertanian di Indonesia: Memberdayakan atau Membahayakan?”.

Dalam diskusi bertajuk terkait Hari Pangan Dunia ini terungkap bahwa generasi muda memiliki peranan penting dalam upaya pemajuan sektor pertanian. Potensi sumber daya yang tinggi, menjadi peluang bagi generasi muda untuk berkecimpung dalam ekspor komoditi pertanian, namun diperlukan kolaborasi dan kerjasama antar instansi baik akademisi, praktisi, dan pemerintahan.

“Ekspor dan impor memiliki keterkaitan yang erat dalam pemenuhan kebutuhan dan diperlukan perhatian lebih dalam memilah komoditas ekspor-impor yang akan di transaksikan di dalam negeri,” demikian dikutip dari laman Unud, Bali, diakses Rabu (8/11/2023).

Diskusi yang diselenggarakan Sabtu, 21 Oktober 2023 itu bertempat di Ruang Rapat Sabha Utama I Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. Acara dimulai dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya dan Kepala Bidang P3HP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Dewa Ketut Subawa.

Diskusi diawali dengan pemaparan materi oleh A.A Gede Agung Wedhatama (Founder Komunitas Petani Muda Keren), dilanjutkan oleh Dewa Ketut Subawa (Kabid P3HP DISTAN Bali), dan diakhiri oleh Putu Shinta Devi (Sub Koordinator Karantina Tumbuhan). Diskusi diikuti oleh mahasiswa Fakultas Pertanian se-Bali dan diskusi berjalan selama 120 menit.

produk pertanian Unud bali
Diskusi BEM Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud). (unud.ac.id)

Adapun kesimpulan diskusi dari World Food Weeks ini selain pentingnya peran generasi muda adalah:

Karantina dilakukan untuk menghindari Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK), Organisme Pengganggu Ikan Karantina (OPIK), dan Organisme Pengganggu Hewan Karantina (OPHK). Jika Tanaman, Ikan, maupun Hewan terkontaminasi oleh Organisme Pengganggu maka akan dilakukan pemusnahan terhadap objek terkait.

Ekspor memiliki potensi yang sangat luas, tergantung wilayah dan negara tujuan. Adapun yang menjadi komoditi ekspor tertinggi di Bali diantaranya Kakao, Vanila, Manggis, Bunga Potong, dan Kopi. Negara yang menjadi eksportir terbesar komoditi diatas adalah Singapore dan Timur Tengah.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.