Maluku  dengan potensi sumber daya perikanan dan kelauatan yang melimpah harus didukung dengan sumber daya manusia yang unggul di bidang perikanan dan kelautan.

Maluku menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan. Padahal provinsi ini memiliki Sumber Daya Alam (SDA) melimpah. Di bidang sumber daya laut, Maluku memiliki potensi perikanan yang tinggi. Namun untuk mengolah potensi-potensi tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas termasuk meningkatkan taraf hidup warga desa-desa di Maluku.

“Kita harus bisa menyasari input kita dari daerah (desa), karena kita harus memahami potensi perikanan di daerah- daerah (desa) di Maluku. Anak-anak tersebut harus dididik supaya mereka nantinya diharapkan mampu dan memahami pengelolaan  sumber daya perikanan, pertanian, dan pariwisata dan sumber daya alam lain yang tersedia untuk keberlanjutan hidup,” kata Kepala Pusat Layanan Pelayanan Pendidikan Kemdikbudristek Abdul Kahar, diakses dari laman Universtas Pattimura, Minggu, 11 Desember 2023.

Abdul Kahar mengatakan, sumber daya manusia Maluku harus diberi peluang untuk bisa menempuh pendidikan. Pemerintah, lanjut Abdul, berjanji akan memberikan ruang dan memfasilitasi anak-anak berprestasi namun memiliki kendala ekonomi.

“Oleh karenanya kegiatan hari ini akan memberikan berbagai masukan terkait kesediaan pembiayaan oleh pemerintah,” ujarnya, dalam acara Student Work Camp yang diselenggarakan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Aula Rektorat Universtas Pattimura.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universtas Pattimura Leiwakabessy mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti. Dalam program ini dilakukan sosialisasi sekaligus memberikan informasi peluang memperoleh beasiswa.

Leiwakabessy berharap output dari kegiatan ini dapat memberikan informasi sekaligus peluang bagi anak-anak Maluku berprestasi mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Yoisye Lopulalan memberikan apresiasi kepada Alumni Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PSP yang telah menggagas kegiatan Studen Work Camp.

Maluku memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, namun provinsi ini memiliki tingkat tinggi kemiskinan. Peningkatan taraf hidup warga desa jadi kunci.
Student Work Camp yang diselenggarakan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Aula Rektorat Universtas Pattimura. (Universtas Pattimura)

Sumber daya alam Maluku

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa SMA/MA/SMK yang berorientasi pada potensi sumber daya alam yang ada di Provinsi Maluku khususnya potensi sumber daya perikanan dan kelautan.

“Maluku  dengan potensi sumber daya perikanan dan kelauatan yang melimpah harus didukung dengan sumber daya manusia yang unggul di bidang perikanan dan kelautan sehingga mampu mengelola potensi kekayaan perikanan dan kelautan untuk kesejahteraan masyarakat Maluku,” ungkapnya.

Guna mendapatkan sumberdaya manusia kompeten maka pendidikan memegang peran yang sangat penting. Tetapi kendala ekonomi menjadi salah satu penghalang untuk siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Namun pada kesempatan ini, para siswa akan diberikan informasi terkait bagimana peluang untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi sehingga dengan adanya beasiswa dapat membatu para siswa untuk menempuh pendidikan tinggi.

Yoisye berharap, melalui kegiatan ini para peserta mendapatkan informasi terkait sumber daya alam perikanan dan pengelolaannya, peluang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi serta pengenalan ruang lingkup Fakultas Perikanan dan Kelautan Unpatti.

Ia juga berharap, para siswa dapat memilih Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti sebagai tempat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.