Posted in

INDONESIA BERADA DI URUTAN KE-23 BERDASARKAN INDEKS KINERJA PERUBAHAN IKLIM

 

thumbnail
 
Posted – Selasa, 15 Desember 2009 10:34 pm oleh : Harry Surjadi
 

Meskipun isu perubahan iklim semakin menjadi perhatian banyak orang dan negara, tetapi tidak ada satu negara pun yang upayanya cukup baik untuk mengatasi persoalan perubahan iklim dan mencegah agar suhu permukaan bumi tidak melebihi 2 derajat celsius.

Germanwatch dan Climate Action Network (CAN) Eropauntuk kelimakalinya mengeluarkan Climate Change Performance Index dari 57 negara industri dan negara berkembang yang tumbuh pesat (emerging economy countries) ketika para delegasi negara-negara di dunia menegosiasikan bagaimana mengatasi perubahan iklim di Copenhagen, tanggal 14 Desember 2009.

 

Tahun ini Brazil dengan nilai indeks 68 berada di urutan keempat mengalahkan Swedia (nilai indeks 67,4) di urutan kelima yang biasanya berada di urutan paling atas. Tahun ini tidak ada negara dengan indeks yang bisa masuk di urutan satu, dua, dan tiga, ungkap Matthias Duwe, Direktur CAN Eropa.

 

Indonesia berada diurutan 23 dengan nilai indeks 54,9. Negara di urutan paling buncit adalah Arab Saudi dengan nilai indeks 28,7.

 

Negara-negara ini dibandingkan berdasarkan emisi dari pemanfaatan energi, tidak termasuk emisi dari perubahan fungsi lahan.

 

Berdasarkan tren emisi, Australia, Cina, Arab Saudi, dan Austria, kinerjanya buruk. Terutama tingkatan emisinya tinggi dan trennya memburuk, delegasi Arab Saudi terus-menerus mengganggu jalannya negosiasi Konvensi Perubahan Iklim misalnya dengan meminta kompensasi dana untuk risiko akan kehilangan pendapatan dari minyak. Padahal uang itu untuk mendukung negara berkembang untuk beradaptasi.

 

Dari tingkat emisi, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia posisinya sangat buruk. Meskipun AS mampu naik kelas dibandingkan tahun lalu, tetap harus membuktikan kebijakan Presiden Obama akan membawa pada pengurangan emisi.

 

Climate Change Performance Index adalah instrumen untuk mendorong transparansi dalam politik iklim internasional. Dengan kriteria yang sudah distandarisasi, indeks ini mengevaluai dan membandingkan kinerja 57 negara yang bersama-sama bertanggung jawab atas 90% emisi karbon dioksida global dari energi

 

Laporan lengkap Climate Change Performance Indexbisa diunduh di web site Germanwatch.

 

There are no comments yet. Leave a comment!

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.