Posted in

LAPORAN IPCC KELIMA AKAN RAMPUNG AKHIR TAHUN

thumbnailSIEJ-Jakarta. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) akan memperdalam kembali kemajuan Fifth Assessment Report yang akan dirilis antara tahun 2013 dan 2014. Hal ini disampaikan oleh tiga kelompok kerja IPCC dalam melaporkan kemajuan penilaian di pertemuan panel pada 6 hingga 9 Juni di Jenewa, Swiss (9/6).

Tiga kelompok kerja IPCC secara aktif mencari partisipasi yang luas dari para ahli dalam mengkaji hasil sementara, meliputi kisaran secara ilmiah, sudut pandang teknis dan sosial ekonomi, serta representasi geografis. Tahapan utama proses pengkajian yaitu pengkajian draft pertama oleh para ahli ilmiah, draft kedua oleh para ahli dan pemerintah, dan hasil akhir akan dikomentari oleh pemerintah sebagai penentu kebijakan.

Kelompok kerja I yang mencakup ilmu fisik dari perubahan iklim, telah menerima 21.400 komentar dari 659 ahli di seluruh dunia dalam mengkaji draft pertama, yang berlangsung dari 16 Desember 2011 hingga 10 Februari 2012. Kelompok kerja I saat ini sedang menyusun rancangan kedua yang akan ditinjau oleh para ahli dan pemerintah pada 5 Oktober hingga 30 November mendatang. Periode tinjauan draft pertama dari kelompok kerja II yang meliputi dampak, adaptasi, dan kerentanan, dimulai pada 11 Juni sampai 6 Agustus 2012. Kelompok kerja III yang menilai mitigasi perubahan iklim, mengkaji hasil draft pertama pada 20 Juli hingga 14 September 2012.

Tim dari laporan sintesis melalukan pertemuan untuk pertama kalinya pada tanggal 11-13 Juni di Jenewa, Swiss. Tim yang terdiri dari 45 penulis, yang diseleksi pada bulan Maret lalu, akan mempersiapkan rencana kerja yang akan mensintesis temuan pokok dari laporan ketiga kelompok kerja. Kelompok kerja I akan merilis laporannya pada bulan September 2013. Kelompok kerja II akan merilis laporan pada bulan Maret 2014, diikuti oleh kelompok kerja III pada bulan April 2014. Sedangkan laporan sintesis akan dirilis pada Oktober 2012.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) didirikan oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dan World Meteorological Organization (WMO) untuk memberikan penilaian terhadap perubahan iklim, potensi dampak lingkungan dan sosial ekonomi. Salah satu kegiatan utama IPCC adalah penyusunan Assessment Report yang komprehensif mengenai pengetahuan ilmiah, teknis dan sosial ekonomi terhadap perubahan iklim, penyebabnya, potensi dampak dan strategi respon.

Sejak dimulai pada tahun 1988, IPCC telah menyiapkan empat laporan multivolume Assessment Report. Dan kini sedang merilis Assessment Report ke lima. Laporan ini akan menitiberatkan pada penilaian aspek sosial-ekonomi dari perubahan iklim dan implikasinya untuk pembangunan berkelanjutan, manajemen risiko dan perumusan respon baik melalui adaptasi dan mitigasi. Laporan terdiri dari laporan tiga kelompok kerja dan laporan dari tim sintesis. Cita Ariani/SIEJ

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.