Jakarta, EnergiToday–Sebuah kesalahan yang terjadi saat latihan Talisman Saber yang melibatkan AS dan personil militer Australia menyebabkan 4 bom dijatuhkan di lepas pantai Great Barrier Reef Australia. Tidak ada satupun yang meledak, tetapi keempat perangkat tersebut direncanakan untuk segera diangkat dari dasar laut.

Dua jet AV-8B Harrier sedang melakukan latihan dan diperintahkan untuk menargetkan pemboman di Pulau Townshend, tetapi misi tersebut dibatalkan ketika bahaya dilaporkan di daerah tersebut.

“Tidak aman untuk menjatuhkan bom. Ada kapal sipil tepat di bawah mereka,”  Komandan dari Armada Ketujuh AS  William Marks mengatakan kepada radio ABC.

Bahan bakar rendah menyebabkan kedua pesawat tempur tersebut harus mengurangi muatan mereka. Akhirnya diputuskan 4 bom dengan berat masing-masing 225 kg senilai £ 500 dijatuhkan ke laut kedalaman lebih dari 50 m, jauh dari karang untuk meminimalkan kerusakan situs terumbu karang terbesar di dunia tersebut.

“Ada dampak lingkungan yang minimal,” kata Komodor Marks, perwakilan dari Angkatan Udara Amerika Serikat. “Ini adalah situasi yang aman bagi lingkungan, untuk pengiriman dan untuk navigasi.” (Nimas/ABC)


 
There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.