Cianjur, Ekuatorial – Pemerintah Daerah – Pemda yang memiliki lahan gambut,agar mewaspadai kebakaran hutan yang biasanya terjadi pada bulan juli hingga Agustus. Hindari membakar sampah ataupun sisa panen padi karena pembakaran di lahan gambut sulit untuk dipadamkan. Kesiapan penanganan kebakaran di lahan gambut diperlukan supaya kebakaran di Riau tidak terulang di daerah lain.

Hal itu disampaikan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan di Desa Ciputri, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat. Pemerintah Provinsi – Pemprov Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur agar mewaspadai kebakaran hutan.

Dia mengatakan, kebakaran hutan di Kalimantan umumnya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus. Peringatan dini kepada Pemda berfungsi untuk menghindari terulangnya kebakaran di Riau yang asapnya mencapai Singapura dan Malaysia.

Dia menambahkan, kebakaran di Riau melanda 5 (lima) Kabupaten, yakni Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Dumai, Bengkalis, dan Belawan. Kebakaran terparah terjadi di Kabupaten Duma. Upaya pemadaman api saat ini dilakukan dengan menjatuhkan air dari udara menggunakan helicopter. Pemadama api melalui udara juga dilakukan dengan memodifikasi awan untuk menimbulkan hujan. Namun, upaya ini bisa saja terkendala pada titik kebakaran yang tidak berawan. (KMP)

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.