Jakarta, Ekuatorial – Gembira Loka Zoo Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Singapura Zoo untuk mendatangkan Penguin Afrika (Spheniscus demersus) atau Jacksss Penguin, untuk melengkapi koleksi taman burung di kebun binatang ini.

“Pengiriman Penguin Afrika tersebut masih menunggu proses karantina di Singapura. Rencana pada September mendatang sudah bisa dinikmati pengunjung Gembira Loka Zoo (GLzoo) Yogyakarta,” kata Direktur Utama GLzoo, KMT A. Tirtodiprojo, kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (6/8).

Penguin Afrika atau lebih dikenal sebagai penguin kaki hitam, mendapat julukan Jackass Penguin karena suara meringkiknya yang mirip keledai. Habitat binatang ini adalah di bagian selatan Afrika, dan ditemukan juga kemiripan suara meringkiknya dengan jenis penguin di Amerika Selatan.

Penguin dewasa beratnya bisa mencapai 3,5 kilogram dengan tinggi sekitar 60-70 cm, dan seperti penguin jenis lain ia adalah perenang dan penyelam yang tangguh dan memakan ikan dan cumi-cumi. Saat ini status jackass penguin adalah terancam punah (endangered)

Selain penguin, GLzoo juga mendatangkan burung flamingo, spoon bill, scarlet ibis, grey crown crane, juga akan melengkapi koleksi taman burung. (Rahma)

There are no comments yet. Leave a comment!

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.