green building

Jakarta, Energitoday.com — Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam waktu dekat akan memiliki gedung baru yang memiliki konsep Green Building atau gedung ramah lingkungan di Jakarta.

“Kepedulian terhadap isu pemanasan global perlu diwujudkan dalam tindakan nyata, baik dalam skala kecil yaitu tindakan sehari-hari maupun dalam skala besar, seperti membangun gedung berkonsep hijau yang ramah lingkungan”. Ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo saat acara Ground Breaking pembangunan gedung baru KKP di Jakarta (22/8).

Green building adalah suatu konsep arsitektur yang, konsep Green Building yang melindungi, menghemat, mengurangi penggunaan sumber daya alam serta menjaga mutu dari kualitas udara di dalam ruangan sejak dalam tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian hingga dalam operasional pemeliharaannya.

“Tantangan kedepan dalam pembangunan gedung di kota besar diantaranya adalah krisis energi, krisis air bersih, banjir, dan berkurangnya ruang terbuka hijau, sehingga pemilihan konsep Green Building dalam pembangunan gedung KKP adalah sangat tepat. Hal ini telah sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 38 Tahun 2012, Tentang Bangunan Gedung Hijau,” jelas Sharif.

Gedung KKP yang baru ini akan bertempat di Jalan Batu No 1 dengan luas 5.633 m2. (Nimas/BS)

Energitoday.com adalah anggota sindikasi berita lingkungan Ekuatorial.com

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.