Posted in

SIEJ dan USAID Adakan Anugerah Jurnalistik

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dan US Agency for International Development (USAID) mengadakan lokakarya dan lomba karya jurnalistik untuk memantau kinerja lembaga peradilan di dalam kasus-kasus biodiversity. PRogram ini diadakan khusus untuk tiga provinsi yaitu Aceh, Riau dan Kalimantan Barat. Tema program ini adalah “MENYELAMATKAN BIODIVERSITY-MENYELAMATKAN KEHIDUPAN ”

I. LATAR BELAKANG

Laju kerusakan biodiversity di seluruh Indonesia—terutama di Aceh, Riau dan Kalimantan Barat berlanjut. Perburuan satwa liar yang  dilindungi, pembalakan liar,  perusakan hutan dan lahan, pemboman dan pencurian ikan, perusakan terumbu karang dan ekosistem pesisir dan laut, pencemaran, adalah sebagian kecil dari aktivitas yang mengurangi kuantitas dan kualitas biodiversity.

Pada sisi yang lain, biodiversity Indonesia adalah sumber pangan, air & udara bersih, tempat bercocok tanam, sumber bahan baku, mineral, energi, fitofarmaka, turisme bagi ratusan juta orang yang menghasilkan milyaran dolar setiap tahun bila dikelola secara adil & berkelanjutan. 

II. JUSTIFIKASI

Penegakan hukum adalah salah satu unsur penting untuk menjaga kualitas, kuantitas, dan memastikan biodiversity Indonesiadikelola sesuai dan tidak melanggar perundang-undangan yang berlaku. Media massa & para jurnalis dapat berperan penting dalam kampanye menyelamatkan biodiversity & pemahaman publik thdpentingya isu-isu keanekaragaman hayati

 III. LOMBA  & LOKAKARYA

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) bekerjasama dengan USAID mengadakan lomba karya jurnalistikdan lokakarya penegakan hukum  untuk kasus-kasus biodiversity di Banda Aceh, Pekanbaru dan Pontianak.

IV.PERSYARATAN

1. Diikuti seluruh jurnalis yang berbasis di 3 provinsi: Aceh, Riau dan Kalimantan Barat

2.Artikel berbentuk feature yang ditulis  mendalam & komprehensif

3.Telah diterbitkan dalam waktu:  1 Mei 2013-22 April 2014

4. Dapat mengirimkan lebih dari 1 karya

5. Menyertakan biodata+ copy ID Card

6.Karya yang memuat hasil lokakarya di 3 Kota  mendapat tambahan nilai (jadwal lokakarya menyusul)

V. TEMA

Tema bebas, dengan syarat: Memuat kinerja penegakan hukum dalam kasus biodiversity

 

VI. INFORMASI

1.Informasi  program ini dapat ditanyakan kepada SIEJ 

T: (021) 8311171; HP: 0812 8287 0285

2.Seluruh karya dalam format pdf. dikirimkan melalui e-mail & menulis “BIODIVERSITY” pada subject, 

ke alamat:  sekretariat.[email protected]  

 

VII.HADIAH

Pemenang mendapat hadiah  berkunjung ke  salah satu site program USAID di Indonesia,  seluruhnya  atas tanggunganpanitia (transportasi, akomodasi,  per-diem) + Piagam Penghargaan

 

VIII. DEADLINE:  22 APRIL 2014

 

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.