Sampah organik dan sampah plastik harus dipilah sejak awal. Sampah yang sudah tercampur akan sulit diilakukan pengolahan.

Sampah plastik di dunia sudah terlalu banyak di dunia. Bahkan sampai 400 juta ton plastik. Hal ini dikarenakan banyaknya plastik yang digunakan sekali.

David Sutasurya, Direktur Eksekutif Yaksa Pelestari Bumi Berkelanjutan (YPBB), menjelaskan masalah plastik tidak hanya diujung. Seperti yang kita lihat dengan mata telanjang bahwa plastik ada di sungai atau ditempat lainnya seperti TPA dan TPS. Namun sebetulnya masalah yang lebih besar yaitu di bagian produksi.

David juga mengutip Direktur Jenderal PBB yang mengatakan, “Masalah plastik dimulai dari saat bahan baku plastik di ekstraksi”.

Bahan baku plastik sendiri adalah minyak bumi, ini juga mendorong isu pemanasan global. Ada pula bahan aditif beracun yang digunakan untuk memproduksi plastik-plastik tersebut.

Solusi yang ditekankan oleh YPBB pertama-tama adalah dengan pengurangan (reduce) sampah plastik. Di Indonesia, tingkat pengumpulan dan pemilahan plastik masih sangat rendah. Indonesia juga sebagai negara berkembang tidak mampu membiayai pengelolaan sampah.

sampah plastik pemilahan sampah
Aktivitas pemilahan sampah. (YPBB)

“Program-program kami (YPBB) mencoba merespons yang sifatnya mendesak bagi negara berkembang dan yang sifatnya strategis jangka panjang agar bisa lepas dari masalah plastik ini,” kata David, dikutip dari laman YPBB, diakses Minggu (4/11/2023).

Program yang dikedepankan YPBB adalah dengan zero waste cities. Salah satu inti program tersebut adalah pengumpulan terpilah. Ini untuk pemisahan sampah organik dan sampah plastik agar tidak tercampur. Jika sampah sudah tercampur akan sulit diilakukan pengolahan.

Kemudian program lainnya yang dikembangkan YPBB adalah menghindari plastik sekali pakai. Kampanye ini disebut sebagai reuse. Produk yang dituju (untuk reuse) baik plastik atau idealnya non-plastik memang dirancang untuk dipakai berkali-kali.

Inisiatif yang sudah YPBB lakukan adalah dengan Toko Organis. Toko ini mengadopsi model sistem refill atau bulk store untuk kebutuhan sehari-hari.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.