Buruh menjadi korban ledakan tungku peleburan nikel di Morowali. Solidaritas IMIP Morowali mengecam penyebab tragedi ini.

Tragedi buruh peleburan nikel Morowali. (Foto: Solidaritas Buruh IMIP Morowali)
Solidaritas Buruh IMIP Morowali. (Foto: Solidaritas Buruh IMIP Morowali)

Perwakilan serikat buruh tingkat nasional, serikat tani, dan NGO perburuhan yang tergabung ke dalam Solidaritas Buruh IMIP Morowali menyampaikan duka mendalam kepada buruh dan keluarganya yang menjadi korban dalam tragedi ledakan tungku peleburan nikel di kawasan PT International Morowali Park (PT IMIP) yang terletak di Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

Solidaritas Buruh IMIP Morowali mengecam perusahaan dan negara terkait tragedi buruh peleburan nikel tersebut. Mereka dinilai lalai menyediakan dan memastikan sarana dan prasarana keselamatan dan keamanan kerja bagi buruh di perusahaan tersebut.

Kabar duka yang terjadi di penghujung tahun 2023 ini menyebabkan belasan buruh peleburan nikel PT Indonesia Tsingsan Stainless Steel (PT ITSS) meninggal dan puluhan lainnya mengalami luka bakar dan patah tulang akibat meledaknya tungku peleburan nikel di kawasan PT IMIP.

Meledaknya tungku peleburan nikel yang menyulut kebakaran besar di area smelter 41 tersebut terjadi pada Minggu, 24 Desember 2023, pukul 05:30 WITA.

Kecelakaan kerja terjadi saat tungku sedang dalam perawatan mingguan yang dilakukan oleh buruh-buruh bagian mekanik. Salah satu pekerjaan perawatan tungku yaitu dengan melakukan proses pemotongan dan pengelasan pelat baja pada area tungku.

Saat melakukan pengelasan, bagian bawah tungku masih terdapat slag panas atau endapan cairan panas yang menumpuk akibat intensitas produksi yang tinggi. Suhu tinggi yang berasal dari slag panas memicu ledakan tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan tungku. Ledakan tersebut menyebabkan kebakaran dan menjalar ke hampir seluruh area smelter.

“Tuntutan produksi yang tinggi membuat keselamatan buruh terancam,” demikian pernyataan Solidaritas Buruh IMIP Morowali.

Solidaritas Buruh IMIP Morowali terdiri dari Konfederasi KASBI, Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN), Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI),

Jaringan Lingkar Belajar Buruh IMIP, Sentral Gerakan Buruh Nasional (SGBN), Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU), Rasamala Hijau Indonesia, Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), Safety, Trimurti.ID, dan Lingkar Studi Advokat.

Permasalahan ini menambah daftar pelanggaran atas buruknya kondisi kerja industri pertambangan nikel yang digenjot oleh negara. Sebagai ‘anak emas’, industri hilirisasi kerap dipuja dengan Proyek Strategis Nasional, program energi terbarukan dan pembukaan lapangan kerja.

“Program hilirisasi yang digembar-gemborkan pemerintah pada faktanya banyak mengabaikan hak-hak buruh, mereka harus bekerja dengan mempertaruhkan nyawa,” jelas Sunarno Ketua Umum Konfederasi KASBI.

Solidaritas Buruh IMIP Morowali mendesak dan menuntut tanggung jawab negara dan PT IMIP atas tragedi meledaknya smelter 41 di PT ITSS yang menewaskan 13 buruh dan 46 korban lainnya. Beberapa tuntutan kami di antaranya:

1. Mendesak negara untuk mengusut tuntas kasus kecelakaan kerja di PT ITSS di kawasan PT IMIP. Diduga kuat bahwa PT ITSS dengan sengaja mengondisikan buruh dalam kondisi kerja berbahaya.

2. Menuntut PT ITSS untuk memberikan hak bagi buruh dan keluarganya yang menjadi korban kecelakaan.

3. Mendesak negara untuk menginvestigasi semua perusahaan di IMIP dengan melibatkan serikat buruh.

4. Tingkatkan standar keselamatan kerja yang menjamin hak dasar buruh termasuk infrastruktur keselamatan dan kebijakan operasional produksi.

5. PT IMIP harus bertanggung jawab penuh terhadap kecelakaan kerja.

6. Hentikan intimidasi terhadap buruh PT ITSS dan IMIP yang mendokumentasikan peristiwa kecelakaan kerja.

7. Stop mengorbankan hak buruh untuk kepentingan investor 8. Mendesak negara menjamin hak-hak buruh yang bekerja di PT IMIP.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.