Universitas Papua (Unipa) melalui LPPM melaksanakan KKN semester Gasal 2023/2024. Mahasiswa Unipa diharapkan menangani masalah di masyarakat.

Universitas Papua (Unipa) melalui LPPM melaksanakan KKN semester Gasal 2023/2024. Mahasiswa Unipa diharapkan menangani masalah di masyarakat.
Mahasiswa Unipa diharapkan menangani masalah di masyarakat. (Foto: Unipa)

Universitas Papua (Unipa) melalui LembagaPenelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakasanakan Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester Gasal 2023/2024 bertempat di lantai dasar gedung rektorat Unipa, Jumat, 22 Juni 2023. Mahasiswa Unipa diharapkan terjun membantu masalah di masyarakat

Acara pelepasan tersebut di hadiri Rektor Unipa MekySagrim, Kepala Biro Perencanaan Akademik dan Perencanaan Edison Bebari, dan sejumlah pimpinan di lingkungan Unipa.

Ketua LPPM Unipa Budi Santoso dalam laporannya menyampaikan bahwa KKN sebagai salah satu bentuk pembelajaran pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa program sarjana, dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masalah di masyarakat dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah masalah di masyarakat, misalnya soal pembangunan.

Budi juga melaporkan jumlah mahasiswa KKN saat ini sebanyak 349 orang dari 11 fakultas yang tersebar di lingungan Unipa dengan rincian Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 67 mahasiswa, Fakultas Teknik 60 mahasiswa, Fakultas  Kehutanan 26 mahasiswa, Fakultas Pertanian 34 mahasiswa, Fakultas Peternakan 30 mahasiswa;

Fakultas Sastra dan Budaya 11 mahasiswa, Fakultas Teknologi Pertanian 32 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 46 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 7 mahasiswa, Fakulta Perikanan dan Ilmu Kelautan 21 mahasiswa, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan13 mahasiswa.

“Semuanya akan di sebar di 34 kampung di tiga Distrik Kabupaten Manowari,” dikutip dari keterangan resmi Unipa, diakses Kamis, 8 Februari 2024.

Pesan ketua LPPM yang juga mantan Dekan Fakultas Peternakan di akhir laporannya menyampaikan pesan kepada mahasisewa “laksanakan KKN dengan penuh rasa tanggung jawab dan jaga  kesehatan selama KKN sampai kembali ke kampus dalam keadaan sehat”.

Rektor Unipa Meky Sagrim dalam amanat pelepasan kepada mahasiswa KKN  katanya dalam melaksanakan KKN sesuaikan dengan isu strategis agar program tersebut berguna di masyarakat kampung,  salah satu yang ditekankan oleh rektor adalah di era revolusi industri 4.0 mahasiswa harus mampu program digitalisasi di kampung tempat KKN.

“Jangan terpengaruh dengan keadaan  tetapi senantiasa menjaga nama baik kampus unipa, Usahakan kolaborasi dengan masyarakat  untuk melaksanakan program kerja untuk kemajukan masyarakat setempat,” pesan Rektor.

“Waktu kembali harus sebanyak ini”.saya berharap 349 mahasiswa yang saya lepas hari ini semuanya kembali dalam keadaan sehat dan selamat. jaga diri baik-baik di tempat KKN,” tutupnya.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.