Posted in

PARA DELEGASI HARUS KEMBALI FOKUS PADA PERSOALAN LEBIH LUAS DARIPADA PERUBAHAN IKLIM

thumbnail

 

Konvensi Perubahan Iklim bukan hanya berisi bagaimana upaya mengurangi emisi dari negara maju. Ada banyak persoalan lebih luas daripada perubahan iklim disingging di pasal-pasal Konvensi. Para delegasi harus mengalihkan fokusnya pada persoalan lebih luas daripada perubahan iklim, Yvo deBoer mengingatkan ketika menyampaikan sambutannya di penutupan Forest Day 3, tanggal 13 Desember 2009, di Copenhagen.

“Kita mengalihkan perhatian pada Protokol Kyoto, mengalihkan perhatian pada komitmen generasi mendatang mengenai komitmen negara industri di masa lalu. Ketika kita fokuskan perhatian pada target negara-negara industri, saya pikir kita lupa mengenai cakupan yang lebih luas dari Konvensi Perubahan Iklim,” ujar Yvo.

 

Jika melihat sejumlah pasal-pasal dari Konvensi, kata Yvo, ada banyak hal tercantum berkaitan dengan agenda yang lebih luas seperti pembangunan berkelanjutan, keamanan pangan, keanekargaman hayati, perlindungan ekonsistem, dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

 

“Di Kopenhagen inilah kesempatan untuk kembali ke fokus pada agenda yang lebih luas itu. Saya percaya penting kita mencurahkan upaya di sini di Kopenhagen bukan hanya bagaimana menetapkan target emisi,” kata Yvo.

 

Ia mengingatkan sekarang inilah kesempatan untuk memberikan harapan agar pertemuan ini bisa berhasil. “Secara pribadi saya percaya kesempatan ini tidak akan datang lagi. Saya percaya jika kita gagal, jika Anda gagal, menyampaikan jawaban pada tantangan perubahan iklim pada hari Jumat mendatang, perhatian politis akan berpindah ke hal lain.”

 

“Ada 120 kepala negara menyatakan akan datang ke Copenhagen. Saya kira mereka datang bukan untuk merayakan kegagalan. Mereka datang untuk merayakan keberhasilan.”

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.