Jakarta, Ekuatorial – Banyak aliran sungai-sungai beraliran deras, air terjun, dan danau di Indonesia yang belum dimanfaatkan secara optimal bahkan mengalir begitu saja dari hulu ke hilir terbuang begitu saja dan menjadi bencana. Seharusnya, potensi itu dapat dijadikan guna mendorong penggunaan energi baru terbarukan untuk pembangkit listrik mikro hidro – PLTMH ataupun pembangkit listrik tenaga air.

Menurut Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah pusat dan daerah harus jeli melihat dan memanfaatkan sungai, air terjun, dan danau secara komersial dan menguntungkan. ”Potensi sungai, air terjun, danau kita besar sekali untuk menggerakkan turbin dan pembangkit listrik,” ujarnya.

Kalla mengatakan, sebut saja Danau Poso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Danau Toba, Sumatera Utara, Sungai Merangin di Jambi, Sungai Barito di Kalimantan, atau Sungai Memberamo di Papua.

Sementara, Presiden Komisaris PTPoso Energy Ahmad Kalla mengatakan, akhir tahun ini perusahaannya akan segera membangun PLTA Sulawena tahap I dan III untuk menambah pasokan daya listrik bagi penggerak smelter bahan tambang nikel yang segera dibangun dan diperlukan. (KMP)

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.