uploads-1-2013-08-36506-tim-sapu-angin-surya-its-setelah-speed-kini-luncurkanJakarta, EnergiToday.com — Mobil bertenaga surya karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITS siap unjuk gigi dalam kompetisi “World Solar Challenge 2013” di Australia pada 6-13 Oktober 2013.

Mobil surya generasi keempat ini di juluki “Widya Wahana Sapu Angin” dan diluncurkan oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA di halaman Rektorat ITS Surabaya, Sabtu.

“Tidak ada target resmi dari ITS. Bisa mencapai finish saja, kami sudah bersyukur,” kata Prof Tri Yogi dalam peluncuran itu, didampingi tim mahasiswa dan dosen pembimbing proyek Widya Wahana Sapu Angin, Dr Muhammad Nur Yuniarto, dikutip dari Antara, Senin (26/8).

Dalam kesempatan itu, dosen pembimbing Dr Muhammad Nur Yuniarto menambahkan, mobil  “Widya Wahana Sapu Angin” menyerap dana yang tidak sedikit, karena komponen mobil yang digunakan merupakan kualitas terbaik yang ada di pasaran.

“Dana Rp 700 juta yang terserap, sebagian besar untuk membeli sel surya dan motor. Sel surya tersebut memiliki efisiensi yang cukup tinggi hingga 22,5 persen,” katanya.

Untuk kecepatan dari “Widya Wahana Sapu Angin” atau “Sapu Angin Surya” itu sendiri bisa mencapai 100 kilometer per jam. “Jadi, kami optimistis bisa mencapai finish, karena finish dalam kejuaraan itu hanya memerlukan kecepatan 80 kilometer per jam,” katanya. (Iqb/ANT)

EnergiToday.com adalah anggota sindikasi berita lingkungan Ekuatorial.com

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.