Jakarta, Ekuatorial – Kamar Dagang dan Industri – Kadin Indonesia meminta Pemerintah memperbaiki tata kelola hutan terkait dinamika perubahan dalam penggunaan lahan sector swasta agar semua memiliki pedoman serta gambaran yang bermanfaat bagi keberlangsungan lingkungan dan bisnis.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Kadin Indonesia Bidang Lingkungan Hidup, Shinta Widjaja Kamdani. Terkai kebakaran hutan, upaya-upaya yang telah dilakukan berbagai pihak masih belum terpecahkan.sehingga menimbulkan asap dank abut yang mengganggu aktivitas manusia yang secara tidak langsung membawa kerugian ekonomi. Dimana, Indonesia tidak hanya sebagai salah satu produsen terbesar dan eksportir sumber daya alam. Tetapi juga sebagai konsumen terbesar dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia.

Seperti dilansir harian Rakyat Merdeka. “Indonesia adalah rumah bagi pemodal, produsen, pengolah dan pembeli dalam rantai ekonomi.  Tak hanya domestic, tetapi juga memasok pasar luar negeri. Oleh karenanya, isu lingkungan dan keberlanjutan harus diperhatikan dengan cermat,” katanya.

Selanjutnya, langkah yang bisa dilakukan bisa melalui klarifikasi penggunaan lahan konsesi dan perizinan yang mengacu pada satu peta kehutanan, memfasilitasi pertukaran lahan dan perencanaan penggunaan lahan bersama, mengidentifikasi dan memberikan insentif bagi perlindungan hutan dengan nilai konservasi tinggi. (RM)

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.