Mahasiswa peternakan Unpad juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional FPKP Undana berangkat dari isu energi terbarukan dan perubahan iklim.

Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Fapet Unpad) berhasil meraih Juara 2 pada kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional FPKP Undana 2023 yang diselenggarakan di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, 6 November 2023.

Tim mahasiswa peternakan Unpad ini mengangkat tema energi terbarukan dan perubahan iklim (renewable energy dan climatechange) sebagai permasalahan serius yang terjadi di Indonesia. Mereka adalah Faisal Ramadhan, Muhammad Said Nur, dan Azkia Putra Wibawa. Mereka berkreasi di bawah bimbingan dosen Fapet Unpad Yuli Astuti Hidayti.

Dari latar belakang tersebut tercetus sebuah inovasi sebuah alat bernama ICO-Fucegas, alat tersebut dapat mengkonversi limbah peternakan menjadi energi terbarukan berupa listrik dan energi panas. Pada kegiatan ini tim Fapet Unpad mengangkat studi kasus pada peternakan sapi perah KPBS Pangalengan yang merupakan salah satu peternakan terbesar yang ada di Jawa Barat.

Kegiatan lomba Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional FPKP Undana 2023, Kupang, Nusa Tenggara Timur, ini diikuti oleh seluruh mahasiswa yang tersebar dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia yang dibagi kedalam tiga bidang, yakni peternakan, budidaya perairan dan manajemen sumberdaya perairan.

Dalam kegiatan ini tim Fapet Unpad kalah tipis dari tim juara 1 dengan total nilai 83,97. Selama kegiatan berlangsung banyak sekali inovasi-inovasi luar biasa dari tim universitas lain untuk memajukan dunia peternakan Indonesia.

Mahasiswa peternakan Unpad juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional FPKP Undana berangkat dari isu energi terbarukan dan perubahan iklim. (Humas Unpad)
Mahasiswa peternakan Unpad juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional FPKP Undana berangkat dari isu energi terbarukan dan perubahan iklim. (Humas Unpad)

Kata mahasiswa peternakan Unpad

Azkia sebagai peserta lomba berharap, Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional FPKP Undana 2023 ini dapat memotivasi mahasiswa lain agar selalu berprestasi dan membawa harum nama Fakultas Peternakan, Unpad di kancah nasional ataupun internasional.

“Pesan untuk kedepanya semoga dengan adanya prestasi kami bisa memotivasi mahasiswa lain agar selalu bersemangat untuk terus berprestasi tidak hanya dalam bidang akademik agar nama Fapet Unpad bisa terus terkenal dikancah nasional ataupun internasional,” ungkap Azkia, diakses dari laman Unpad, Senin, 4 November 2023.

Faisal menambahkan, tim berharap agar selalu adanya wadah bagi para mahasiswa untuk selalu mengembangkan minat dan bakat dari setiap mahasiswa yang ada.

“Kami berharap agar fakultas terus menyediakan wadah bagi para mahasiswanya untuk terus berprestasi sehingga inovasi-inovasi luar biasa lainya dapat lahir dari tangan mahasiswa,” kata Faisal.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.