Universitas Mataram & Fukushima Medical University Japang bekerja sama menjalankan program kesehatan dasar di Nusa Tenggara Barat.

Universitas Mataram bekerja sama dengan Fukushima Medical University, Jepang untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional di Nusa Tenggara Barat. KKN ini sekaligus penelitian dalam bidang sains kesehatan (medical science).

Akihiro Hazama selaku Student Team Supervisor dari Fukushima Medical University sekaligus peneliti dalam bidang sains kesehatan menjelaskan telah bekerja sama dengan Unram sejak tahun 2010.

Akihiro Hazama mengatakan, saat melaksanakan penelitan dan berkunjung ke beberapa desa di Lombok menyadari kurangnya pemahaman tentang wawasan kesehatan dasar.

“Walaupun kita berada pada era digital yang luar biasa, serta adanya Artificial Intelligence (AI) mempermudah diagnosis mandiri menggunakan beberapa platform internet seperi Halodoc, namun memiliki kecenderungan salah diagnosis bila tidak diimbangi dengan wawasan kesehatan dasar,” ungkap Akihiro Hazama, dikutip dari laman Unram, Jumat, 5 Januari 2024.

“Oleh karena itu dalam program kali ini bertujuan untuk menyebarkan wawasan kesehatan dasar di sekolah-sekolah di tingkat SD dan SMP,” lanjut Akihiro Hazama.

Program wawasan kesehatan dasar Hazama telah mendapat pengakuan dari pemerintah pendidikan Jepang dan kerja sama dilanjutkan di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri berfokus di Lombok yang diinisiasi oleh rektor Unram sebelumnya dan tahun ini implementasikan dalam bentuk KKN.

Hazama berharap program kesehatan dasar ini dapat terus dilaksanakan untuk tahun-tahun yang akan datang. Ia juga menyampaikan kekaguman melihat banyaknya mahasiswa yang melakukan KKN dalam rangka mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada Masyarakat karena program seperti ini tidak ada di Jepang.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Penelitian Kepada Masyarakat Universitas Mataram (LPPM Unram) melepas 1.775 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD), Desa Tangguh Bencana (KKN Destana), dan KKN International periode semester gasal Desember-Januari 2023/2024.

Dalam acara yang berlangsung di lapangan Rektorat Universitas Mataram

Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa, 19 Desember 2023, KKN ini diikuti 1.775 mahasiswa yang tersebar di 179 desa di Pulau Lombok.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.