Jakarta, Ekuatorial – Sampah-sampah plastik, sterofoam, gelas dan botol plastik terlihat mengotori acara Pesta Rakyat Salam Tiga Jari di Monumen Nasional Jakarta (20/10). Yani warga kota Bogor yang datang ingin menemui Jokowi merasa cukup terganggu dengan banyaknya sampah. “Sayang sekali setiap acara besar pasti banyak sampah. Selain kotor juga buat tidak nyaman,” ujarnya.

Ia dan dua anaknya juga mengatakan bahwa mereka sulit menemukan tempat sampah di lokasi Monumen Nasional. Walaupun begitu ia mengumpulkan sampahnya sendiri dan memasukkan ke dalam tasnya. “Ini sampah saya masukin tas. Nanti kalau ketemu tempat sampah saya buang disana,” tambahnya.

Senada dengan hal itu, Indah salah satu pengunjung asal Tebet Jakarta Selatan mengatakan acara hari ini berjalan cukup baik. Namun ia menyayangkan banyaknya sampah karena masyarakat tidak memiliki kepedulian dan kesadaran cukup untuk membuang sampah. “Sebenarnya yang paling utama adalah kesadaran, namun saya juga merasakan sulit menemukan tempat sampah di sini,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa tidak melihat petugas kebersihan di monas. “Petugas kebersihan saya tidak lihat, tapi banyak relawan yang memunguti sampah. Tapi jumlahnya juga tidak terlalu banyak jika dibanding pengunjung yang datang,” ujarnya sambil melanjutkan “Namun sepertinya memang Monas harusnya memiliki tempat sampah yang banyak dan mungkin ditambah papan imbauan membuang sampah,” ungkapnya.

Di lokasi lain sebelah selatan Monas, terlihat kelompok yang menamakan dirinya Gerakan Relawan Jokowi-JK Cimanggis 14 yang sedang memunguti sampah. Sutino ketua relawan cimanggis mengatakan bahwa mereka sudah menduga sampah akan berserakan di acara tersebut. “Kami dari rumah sudah bawa kantung sampah besar (trash bag) karena pasti akan banyak sampah. Kami ingin ikut membantu jalannya acara perayaan Jokowi walau hanya dengan memunguti sampah,” ujarnya.

Ia mengatakan kelompok relawan dari Cimanggis Depok yang datang berjumlah lebih dari 200an orang dan semuanya diberikan plastik sampah. “Selain untuk kebersihan, ini juga sebagai simbolisasi untuk membersihkan koruptor seperti yang Jokowi akan lakukan,” tambahnya.

Mereka berharap bahwa Jokowi akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan di Indonesia seperti kemisikinan, pembangunan, dan bencana. “Kami hanya berharap Jokowi bisa membawa Indonesia ke arah lebih baik dan mensejahterakan semua rakyat,” tukasnya.

Acara “Pesta Rakyat Salam Tiga Jari” merupakan acara syukuran terhadap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru Jokowi dan Jusuf Kalla. Acara ini dimeriahkan oleh sejumlah artis seperti Syahrini, Anang dan Ashanti, Bimbo, Vidi Aldiano, grup band Slank, Samson dan banyak artis lainnya. Dalam acara ini juga disediakan pilihan aneka makanan dan jajanan yang disediakan gratis untuk pengunjung.

Tema acara salam tiga jari merupakan simbolisasi sila ketiga pancasila yang berbunyi persatuan Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan masyarakat yang berasal dari penjuru Indonesia dari Aceh dan Papua juga ikut meramaikan acara itu. Mereka datang sejak pagi hingga malam untuk melihat secara langsung Presiden baru pilihan rakyat Indonesia, dan menikmati hiburan yang disediakan. Januar Hakam

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.