Timika, Jubi – Bupati Kabupaten Mimika Entinus Omaleng, SE, marah melihat banyaknya tumpukan sampah di pinggiran jalan yang berserakan hingha menimbulkan pemandangan kurang baik.

Kemarahan Omaleng terlihat ketika melewati sejumlah ruas jalan dalam Kota Timika yang dipenuhi oleh tumpukan sampah, disela-sela melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), Senin (15/12).

“Pasti petugas sampah tidak angkat sampah ini. Terus mensyarakat juga buang sampah tidak sesuai dengan jam yang sudah di tentukan Dinas,” ujar Bupati.

Bupati mengaku kecewa melihat pemandangan kurang bagus atas tumpukan sampah yang bertaburan dimana-mana. Menurutnya, dari instansi teknis telah menjadwalkan waktu untuk masyarakat membuang sampah pada tempat yang sudah ditentukan. Namun pada kenyataannya masih saja ada ketidaksadaran masyarakat terhadap hal demikian.

“Jujur saya marah lihat tumpukan sampah berserakan seperti ini, padahal sudah jelas jadwal pembuangan yang diberlakukan dinas sudah ditentukan. Tapi ini masih ada saja masyarakat yang tidak patuh dengan membuang sampah diluar jadwal yang ditetapkan,” jelasnya.

Bupati menegaskan, akan menegur dinas terkait yang mempunyai tugas membersihkan kota dari tumpukan-tumpukan sampah. “Dinas terkait harus melihat ini, apakah mungkin dari pagi tidak ada yang angkut sampah ini. Tapi yang jelas nanti saya panggil kepala dinasnya tanyakan soal ini,” kata Bupati.

Mobil Dinas Keliaran di THM
Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang, SE, M.Si kecewa mendengar informasi terkait ditemukannya salah satu kendaraan dinas yang diduga milik Bagian Aset dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika di salah satu Tempat Hiburan Malam (THM) saat tim terpadu melakukan penertiban Minum Keras (Miras).

“Saya sudah baca itu beritanya di koran. Dan saya sekarang lagi telusuri dulu itu sebenarnya siapa orang yang bawa mobil itu. Saya tetap akan cari tahu itu karena itu terlalu kurang ajar, masa pakai mobil dinas main – main ke tempat hiburan malam,” katanya.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut sangat memalukan Pemeritah Daerah Kabupaten Mimika terutama Bidang Aset dan Perlengkapan. Karena yang melakukan razia juga adalah dari tim terpadu yang telah dibentuk oleh pemda sendiri,.

“Kalau mereka buat begitu berarti sama saja dengan mereka menginjak-nginjak bapak bupati dengan saya. Karena kami yang keluarkan instruksi untuk melakukan penertiban, eh malahan mobil dinas lagi yang tertangkap di pub karaoke, sangat memalukan,” kata Bassang. (Eveeerth Joumilena)

Berita ini telah dimuat di Tabloid Jubi, anggota sindikasi Ekuatorial.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.