Mini-Symposium Universitas Mataram untuk pembangunan kesehatan berkelanjutan. Tema ini mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan kesehatan.

Universitas Mataram (Unram) dan Fukushima Medical University, Jepang, dukung kesehatan berkelanjutan. (Foto: Universitas Mataram)
Universitas Mataram (Unram) dan Fukushima Medical University, Jepang, dukung kesehatan berkelanjutan. (Foto: Universitas Mataram)

Universitas Mataram menggelar International Mini-Symposium dan Launching KKN International Unram-FMU 2023. Mengusung tema “Health Education Community Enggagement Towards Public Health Sustainanle Development”, Mini-Symposium ini bertujuan membahas topik-topik terkait keterlibatan masyarakat dalam pendidikan kesehatan terhadap pembangunan kesehatan berkelanjutan.

Bertempat di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram, Rabu (20/12/2023), acara ini hasil kolaborasi dengan Fukushima Medical University, Jepang. Acara ini sekaligus merupakan salah satu bagian dari International Student Community Enggagement Program yang digagas untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) international yang melibatkan mahasiswa dari Fukushima Medical University dan mahasiswa Unram.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unram Akmaluddin menyampaikan, Unram saat ini memiliki visi pendidikan tinggi berbasis riset berdaya saing internasional pada tahun 2025 sehingga Unram terus meningkatkan program kegiatan disegala bidang untuk mencapai visi ini.

“Unram juga terus berupaya menciptakan, memperluas serta mengembangkan berbagai kemitraan baik nasional, internasional, maupun secara global. Unram telah menjalin kerja sama yang erat dengan banyak universitas dan organisasi dari Inggris, Australia, New Zealand, Amerika Serikat, Korea, Jepang, India dan negara lainnya untuk mencapai tujuan tersebut,” ungkap Akmaluddin, diakses dari laman resmi, Selasa, 26 Desember 2023.

Akmaluddin mengatakan, Interntaional Mini-Symposium yang membahas kesehatan berkelanjutan merupakan bagian dari kerjasama internasional yang telah lama terjalin antara Unram dan Fukushima Medical University yang telah terjalin sejak 10 tahun yang lalu.

Akmaluddin mengungkapkan rasa terima kasih kepada mendiang rektor terdahulu Sunarpi yang telah memprakarsai kerjasama ini, serta apresiasi yang tinggi kepada Eka Prasedya dan tim atas kerja keras dan dedikasi hingga kegiatan ini dapat terselenggara.

Kesehatan berkelanjutan melalui Program POMk

Akihiro Hazama selaku Wakli President Fukushima Medical University sekaligus Student Team Supervisor menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini serta memperkenalkan Program POMk dan menceritakan sejarah panjang kemitraan dengan Unram.

“Saya sudah berkali-kali mengunjungi Universitas Mataram, namun di masa pandemi Covid-19 saya tidak bisa berada di sini, sehingga saya senang pada kesempatan ini dapat turut serta dalam kegiatan International Mini-Symposium ini,” ungkapnya.

Popularization of Medical Knowledge atau lebih dikenal sebagai Program POMk secara harafiah berarti generalisasi ilmu kedokteran. Program POMk memberikan kesempatan untuk belajar tentang mekanisme tubuh dan mekanisme penyakit secara konsisten melalui kelas pengalaman untuk siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), serta seminar untuk orang dewasa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Sukartono, selaku Ketua LPPM Unram menyebut kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari International Student Community Enggagement dalam rangka pelaksanaan KKN International yang melibatkan mahasiswa dari Fukushima Medical University dan mahasiswa Unram.

“Program ini perdana dilaksanakan dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat lanjut untuk dikembangkan nantinya setelah perpanjangan MoU antara Unram dan Fukushima Medical University. Program seperti ini berkontribusi dalam meningkatkan Posisi Unram dalam Times Higher Education dimana salah satu variabel penting adalah International Partnership dan International Student Inbound,” ungkapnya.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.