Posted inProgram SIEJ

Fellowship Build Back Better: “Karhutla dan komitmen penegakan hukum”

SIEJ memanggil para jurnalis Indonesia untuk mengajukan proposal isu karhutla, serta komitmen penegakan hukum, untuk mendapatkan hibah pendanaan peliputan.

The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) membuka kesempatan bagi para jurnalis di Indonesia untuk mengajukan proposal isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta komitmen penegakan hukum, untuk mendapatkan fellowship berupa hibah pendanaan peliputan dengan total nilai Rp 35 juta.

Program ini didasari pada banyaknya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, serta masih minimnya penegakan hukum dalam penyelesaian penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan.

Sepanjang tahun 2015-2019, tercatat 4,4 juta hektare lahan terbakar di Indonesia. Sekitar 789.600 hektare (18 persen) telah berulang kali terbakar. Sementara 1,3 juta hektare (30 persen) dari area kebakaran yang dipetakan berada di konsesi kelapa sawit dan bubur kertas (pulp). Bahkan pada 2019 terjadi karhutla tahunan terburuk sejak 2015, yang membakar 1,6 juta hektare hutan dan lahan.

Namun, banyak kasus karhutla tidak terselesaikan dengan tuntas. Greenpeace Indonesia mencatat sepanjang 2015-2019 ada 258 sanksi administratif yang diterbitkan, dengan 51 tuntutan pidana dan 21 gugatan perdata. Sementara 8 dari 10 perusahaan kelapa sawit dengan area terbakar terbesar di konsesi mereka dari 2015 hingga 2019, belum menerima sanksi apapun mesipun kebakaran terjadi berulang di wilayah konsesi mereka.

Para jurnalis yang tertarik untuk mendaftar dan mengirimkan proposal peliputannya dapat mengembangkan tema tersebut dengan ruang lingkup liputan di wilayah Indonesia.

Fellowship ini terbuka untuk jurnalis dari multiplatform (cetak, online, tv, dan radio). Jurnalis yang bekerja paruh waktu (freelance) dapat mengikuti fellowship dengan memberikan surat rekomendasi editor yang akan mempublikasikan karyanya.

Pelamar yang sudah mengirimkan formulir pendaftaran akan diseleksi oleh panitia berdasarkan pengalaman menjadi jurnalis dan komitmen menulis liputan isu lingkungan terkait dengan Build Back Better. Hasil seleksi penerima fellowship ini tidak dapat diganggu gugat.

Pendaftaran Fellowship: 28 Juni – 10 Juli 2021

Untuk pendaftaran, silakan klik: https://bit.ly/FellowshipBBBKarhutla

Penerima fellowship akan diumumkan melalui media resmi The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) pada 15 Juli 2021.

Jika ada informasi lain yang ingin ditanyakan, silakan kontak Nonie Arnee (+62 812-8068-3424) atau email: [email protected], dengan subjek: Fellowship BBB: Karhutla

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.