Penerimaan mahasiswa baru Unpar mengusung tema kelestarian lingkungan hidup. Terlebih Bandung saat ini sedang dirundung masalah sampah.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menggelar acara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan Tahun Akademik 2022/2023 pada Selasa (5/10/2023) secara offline di Ruang Multifungsi Pusat Pembelajaran Arntz-Geise (PPAG) Unpar, Bandung.

Acara yang merupakan awal dari rangkaian kegiatan Masa Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) Unpar ini dihadiri oleh 2.319 mahasiswa baru, Senat Universitas, pimpinan unit kerja, pimpinan organisasi kemahasiswaan serta para dosen.

Mengusung tema kelestarian lingkungan hidup, yaitu “Melestarikan Alam, Mengawal Harapan”, mahasiswa diajak untuk dapat mengimplementasikan nilai Spiritualitas dan Nilai-Nilai Dasar Unpar (SINDU) terhadap kelestarian lingkungan hidup. 

Terlebih permasalahan lingkungan khususnya sampah telah lama menjadi buah bibir masyarakat Kota Bandung. Mahasiswa pun diharapkan untuk bisa memiliki kesadaran untuk melakukan pemilahan sampah demi kelestaran alam atau kelestarian lingkungan hidup.

Rektor Unpar Tri Basuki Joewono mengaku berbahagia mengetahui bahwa 2.319 mahasiswa bersedia memilih Unpar dalam bagian perjalanan hidup masing-masing. Ia pun menyambut kedatangan para mahasiswa ke dalam keluarga besar Unpar dan mengajak untuk seluruh komunitas akademik Unpar saling membantu.

“Mari kita bersama saling menjaga sebagai keluarga. Ibu Bapak dosen, pimpinan universitas, teman-teman tenaga kependidikan, para mahasiswa, jangan ragu untuk datang dan kami semua akan membantu Anda karena kami ingin memastikan kita adalah keluarga,” ucap Rektor.

Lebih lanjut, Rektor berpesan agar para mahasiswa memulai semangat baru dan harapan untuk menjadi jawaban dunia masa depan, sesuai dengan tagline yang dimiliki oleh Unpar. 

“Mulai hari ini juga, Anda akan memulai perjalanan. Mari kita memulai semangat baru, membawa harapan kita untuk jadi jawaban dunia masa depan. Menjadi jawaban dunia masa depan, disini sekarang. Menjadi Unpar yang greater and stronger,” tuturnya.

mahasiswa unpar lingkungan
Penerimaan mahasiswa baru Unpar, Mahasiswa diajak menjaga kelestarian lingkungan hidup. (Foto: Unpar)

Dari Sabang sampai Merauka

Henky Muljana selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melalui laporan penerimaan Mahasiswa Baru menyampaikan proses pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru Unpar tahun akademik 2023/2024 yang meliputi Jenjang Diploma Tiga, Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi.

Pada tahun ini, tercatat bahwa Unpar menerima 2.319 mahasiswa baru yang berasal dari Sabang hingga Merauke melalui berbagai jalur yakni jalur mitra sekolah, Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK), Ujian Saringan Masuk (USM), serta seleksi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Dari seluruh usaha dan tahapan penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan, maka telah didapatkan sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah dan provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Gorontalo, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Maluku, NTB, NTT, dan Papua,” ucapnya. 

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.