Rektor Universitas Negeri Padang berharap prodi kedokteran hewan terwujud karena peminat dan kebutuhan dokter hewan di Sumatera Barat tinggi.

Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia melaksanakan visitasi pendirian Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang (UNP) di Kampus Kedokteran UNP Jalan Batang Masang No. 4, Belakang Balok, Kota Bukittinggi, Rabu, 6 Desember 2023.

Kedatangan kedua asesor LAM PTKes  Hapsari Mahatmi dan Yusuf Ridwan ke Kampus Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang Bukittinggi itu didampingi langsung oleh Rektor UNP Ganefr. Tak hanya itu, Anggota DPR RI Komisi X Sofyan Tan turut mendampingi kegiatan visitasi ini.

Dalam sambutannya, Rektor UNP berharap rencana pembukaan Program Studi (Prodi) Kedokteran Hewan ini dapat terwujud di tahun ini. Hal ini dilatarbelakangi dengan tingginya peminat dan kebutuhan dokter hewan di Sumatera Barat.

“Setelah kita survey, ternyata peminat prodi ini sangat tinggi. Jika ini jadi, maka kita menjadi Perguruan Tinggi pertama yang membuka Kedokteran Hewan di Sumatera Barat,” ungkapannya, diakses dari laman resmi, Senin, 18 Desember 2023.

Hal ini juga diaminkan oleh Sofyan. Ia mengaku sangat mendukung UNP untuk membuka Prodi Kedokteran Hewan ini, mengingat semakin tingginya minat masyarakat untuk memelihara hewan hal ini berbanding lurus dengan semakin tingginya angka kebutuhan tenaga kesehatan fauna di Indonesia.

Visitasi pendirian Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang (UNP). (Foto: UNP)
Visitasi pendirian Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Negeri Padang (UNP). (Foto: UNP)

Sementara itu, Ketua Asesor LAM PTKes Hapsari Mahatmi, MP sangat mengapresiasi persiapan UNP untuk membuka prodi kesehatan satwa. Setelah melihat langsung ke lapangan, menurutnya dari segi fasilitas UNP sudah menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.

“Ternyata setelah melihat langsung, kenyataan jauh lebih indah dari laporan yang dibuat oleh Tim Task Force Fakultas Kedokteran. Tampak sederhana di laporan ternyata kita lihat sangat luar biasa dengan fasilitas yang sudah bisa menunjang proses pembelajaran,” paparnya.

Yusuf Ridwan juga berharap proses penilaian kesiapan UNP ini bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

“Nanti setelah hasilnya keluar, kita berdiskusi lebih lanjut. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pak Rektor yang sudah membuka Prodi Kedokteran Hewan di Sumatera Barat,” kata Yusuf Ridwan.

Turut hadir dalam acaranya ini Wakil Rektor IV Yasri, Dekan FK UNP Rika Susanti, Yulkifli, Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Kemudian perwakilan Balai Veteriner Bukittinggi I Gde Eka Budhiyadnya, MP serta para Dosen Fakultas Kedokteran UNP.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.