Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat, menerima kunjungan Gridwiz, perusahaan asal Korea Selatan yang berfokus pada bidang energi terbarukan (energi surya),

Unram diterima kunjungan Gridwiz, asal Korea Selatan, untuk membahas Solar Powered Personal Mobility Sharing Project dan energi surya.
Unram dan Gridwiz Korea Selatan membahas Solar Powered Personal Mobility Sharing Project dan energi surya. (Foto: Unram, Mataram)

Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat, menerima kunjungan Gridwiz, perusahaan asal Korea Selatan yang berfokus pada bidang energi terbarukan (energi surya), Rabu (24/1/2024) di Ruang Sidang Rektor, Rektorat Unram.

Kunjungan tersebut membahas tentang Solar Powered Personal Mobility Sharing Project (Proyek Berbagi Mobilitas Pribadi Bertenaga Energi Surya), dengan tujuan mengimplementasikan green technology guna mendukung kelestarian lingkungan secara khusus di lingkungan Unram dan akan dikembangkan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rektor Unram Bambang Hari Kusumo menyatakan dukungannya terhadap proyek yang diajukan Gridwiz di bidang penggunaan energi surya.

“Pertemuan ini adalah peluang yang bagus bagi Unram dan Gridwiz untuk berkolaborasi mendiskusikan rincian strategi kerja sama dan rencana untuk solusi berbagi mobilitas elektronik yang ramah lingkungan serta solusi energi yang berkelanjutan,” tutur Bambang, diakses dari laman resmi, Minggu, 28 Januari 2024.

Dalam pertemuan bersama CEO Gridwiz, Junewoo Ryu dan Direktur Divisi Bisnis Global, Xion Seoungha Shin dijelaskan bahwa Gridwiz mengembangkan teknologi pengisian kendaraan listrik, mulai dari sepeda elektrik sampai mobil yang ramah lingkungan dan lebih terjangkau, dengan menggunakan panel energi surya yang pengelolaannya berbasis aplikasi.

“Kami berencana untuk memulai proyek ini di lingkungan kampus Universitas Mataram karena kami melihat potensi besar dalam komunitas ini untuk mengadopsi dan mendukung inovasi berkelanjutan. Universitas Mataram memiliki komitmen yang kuat terhadap kelestarian lingkungan dan pendidikan berkelanjutan, yang sejalan dengan nilai-nilai Gridwiz dalam mengembangkan solusi energi hijau,” ungkap CEO Gridwiz.

Sebelumnya, Unram dan Gridwiz telah menandatangani nota kesepahaman pada bulan September 2023. Dan Gridwiz berharap ke depannya mereka dapat melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan fakultas-fakultas yang ada di Unram mengenai rencana program magang yang akan diberikan Gridwiz kepada mahasiswa Unram, serta riset dan pengembangan yang dapat dilakukan bersama.

Adapun pertemuan pembahasan penggunaan energi surya tersebut dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Akademik; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi; Dekan; dan delegasi dari PT. Ines, Aditya Syafiq Lazuardi.

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.