Jakarta, Ekuatorial – Gempa tektonik berkekuatan 6,6 skala Richter – SR mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku pukul 20.32 WIT, kemarin. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika – BMKG Ambon menyebutkan episentrum gempa berada pada 7,75 Lintang Selatan – LS dan 128,40 Bujur Timur – BT, dengan kedalaman 123 kilometer di bawah permukaan laut. Lokasi gempa berada pada posisi 222 kilometer arah Timur Laut, Maluku Barat Daya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah – BPBD Maluku Kifly Wakano mengatakan, belum mengetahui dampak dari gempa yang wilayahnya berdekatan dengan Timor Leste. “ Kami masih berkoordinasi dengan BPBD Maluku Barat Daya untuk memantau kemungkinan ada kerusakan akibat gempa tersebut,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Dimana, lempengIndo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak bberaturan. (Wishnu)

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.