Jakarta, Ekuatorial – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan dengan intensitas sedang, diperkirakan terjadi hingga akhir Januari 2015. Hary Tirto Djatmiko, Kepala Bidang Informasi BMKG mengatakan peluang hujan intensitas tinggi terutama di wilayah Jakarta Utara.

“Peluang hujan lebat berada di wilayah Kepulauan Seribu, Pluit, Kamal, Pejagalan dan Penjaringan,” ujarnya di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (23/1).

Adapun peluang hujan intensitas tinggi cukup besar juga terjadi merata di wilayah Jabodetabek. Ia menyebutkan hujan intensitas sedang hingga tinggi berpeluang terjadi pada dini hari nanti hingga pukul lima pagi. Wilayah-wilayah itu seperti Kemayoran, Senen, Jatinegara, Bekasi, Cililitan, Tangerang Selatan, Cikokol, Ciledug, Parung, Bogor, Pamulang, Ciawi, dan Serpong.

Meski demikian, Hary mengatakan hujan intensitas tertinggi diprediksi baru akan terjadi mulai Februari hingga Maret mendatang.

“Saat ini kita sudah berikan peringatan dini untuk wilayah Jabodetabek, kita juga selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana,” tambahnya.

Sementara itu Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan hingga saat ini sudah terjadi genangan pada 36 titik di wilayah Jakarta.

“Hujan dan muka air masih terpantau normal, namun genangan terjadi karena drainase yang tidak baik. Mayoritas genangan terjadi di area jalan dengan ketinggian rata-rata 20 hingga tertinggi 50 sentimeter,” ujarnya kepada Ekuatorial, Jumat (23/1).

Ia mengatakan wilayah paling banyak terdapat genangan berada di wilayah Jakarta Utara. Hal itu bertambah parah karena wilayah Jakarta utara merupakan wilayah yang paling rendah. Yanuar Hakam

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.