Sukoharjo, Ekuatorial – Stok beras dipastikan aman hingga beberapa bulan ke depan, tidak terpengaruh kekeringan dampak El Nino. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, peluang terjadi kelangkaan beras sangat kecil.

“Stok beras yang kita miliki masih aman untuk beberapa bulan ke depan. Jadi, tidak perlu khawatir akan terjadi kekurangan,” papar Kalla saat menghadiri ulang tahun ke-33 Pondok Pesantren Moderen Assalam di Pabelan, Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (8/8). Menurut dia, kalaupun pemerintah mengambil opsi lain seperti impor beras, maka ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Adapun, terkait waduk-waduk yang mulai mengering di sejumlah wilayah, Kalla mengatakan bahwa pemerintah sudah menginstruksikan kementrian terkait irigasi untuk mengatur penggunaan air.

Sementara itu, khawatir kekeringan meluas, pemerintah Jawa Tengah akan membangun 1.000 embung di lokasi rawan kekeringan mulai 2015. Targetnya, dalam tiga tahun ke depan seribu embung tersebut siap digunakan.

Sebagai awal, 39 embung mulai dibangun. Salah satu prioritasnya adalah Sragen, wilayah yang mengalami kesulitan sumber air dan paling parah dilanda kekeringan selama kemarau. Sebab, tujuh waduk yang tersebar di berbagai wilayah Sragen, yakni Waduk Ketro (Tanon), Waduk Kembangan (Karangmalang), Waduk Gebyar dan Waduk Blimbing (Sambirejo), Waduk Botok dan Waduk Gembong (Karangmalang), serta Waduk Brambang (Kedawaung), sudah mulai kering. Bramantyo

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.