Penyu belimbing merupakan jenis penyu raksasa yang saat ini mulai terancam punah. Kepunahan hewan laut itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya telur yang terus diburu, pencemaran limbah, sampah plastik, dan aktivitas nelayan secara berlebihan.

Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem laut, kelompok masyarakat yang tergabung dalam Konservasi Penyu Lampuuk melepasliarkan puluhan bayi Penyu belimbing di kawasan Pantai lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

“Ada sebanyak 69 bayi Penyu belimbing yang kita lepasliarkan,” kata ketua Konservasi Penyu Lampuuk, Wahyudi, Selasa (16/1/2024).

Menurut Wahyudi, Penyu belimbing merupakan jenis penyu raksasa yang saat ini mulai terancam punah. Kepunahan hewan laut itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya telur yang terus diburu, pencemaran limbah, sampah plastik, dan aktivitas nelayan secara berlebihan.

“Ini adalah telur yang kita temukan diawal tahun 2024 sebanyak 80 telur. Hanya 69 telur yang menetas,” ungkap Wahyudi.

Ia juga menjelaskan, ubur-ubur merupakan salah satu makanan penyu . Sampah plastik yang masuk area laut menjadi sasaran bagi penyu karena dianggap itu makanan mereka.

“Sampah plastik itu kan mirip ubur-ubur, jadi dimakan sama penyu padahal itu sangat berbahaya,” Ucap Wahyudi.

Selain itu, kegiatan pelepasan tersebut juga diramaikan oleh masyarakat yang antusias ingin menyaksikan dan membantu pelepasan bayi kura-kura laut itu.

Anak-anak sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Wahyudi menyebutkan kegiatan itu juga bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kelestarian penyu dihabitat aslinya.

“Pemahaman tentang pentingya menjaga kelestarian hewan dan lingkungan harus kita tanamkan sejak dini,” ungkapnya.

Ketua Konservasi Penyu Lampuuk juga mengatakan, ada dua jenis penyu yang mendarat dan bertelur di pesisir Pantai lampuuk yaitu Penyu lekang dan Penyu belimbing. Namun akhir-akhir ini Penyu belimbing menjadi sangat jarang ditemukan karena perburuan telur hewan tersebut.

Ia berharap masyarakat bersama-sama menjaga keberlangsungan hewan laut tersebut dengan tidak mengkonsumsi telurnya dan tidak membuang sampah plastik ke area laut karena akan mengancam kepunahan biota laut salah satunya Penyu belimbing.
Berdasarkan data  The International Union for Conservation of Nature (IUCN), Penyu belimbing bestatus rentan punah akibat perburuan telur, sehingga perlu dilakukan upaya konservasi penyelamatan populasinya.

Teks dan Foto: Mardili/Aceh

There are no comments yet. Leave a comment!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.